FOUNDASIA
Vol 10, No 2 (2019)

Kontribusi pengasuhan orangtua terhadap kemandirian siswa serta implikasinya bagi program bimbingan dan konseling

Fadilla Agustine (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Deasy Yunika Khairun (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Meilla Dwi Nurmala (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Usia remaja merupakan masa transisi menuju kedewasaan. Namun, beberapa siswa SMA belum menunjukkan sikap yang mengarah pada kedewasaan misalnya mencontek dan mudah dipengaruhi oleh teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besaran kontribusi antara pengasuhan orangtua dengan kemandirian siswa. Hasilnya dapat digunakan untuk merancang program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis korelasi. Data dikumpulkan dari 96 siswa kelas XI SMAN 7 Kota Serang melalui angket dan dianalisis menggunakan uji korelasi. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara pengasuhan orangtua terhadap kemandirian siswa, meskipun tingkat interpretasi hubungannya rendah. Besaran kontribusi pengasuhan orangtua terhadap kemandirian yakni 11%, yang berarti masih ada 89% faktor lain yang berkontribusi terhadap kemandirian siswa namun tidak tercakup dalam penelitian ini. Kata kunci: Pengasuhan orangtua, kemandirian siswa, siswa SMA

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

foundasia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOUNDASIA is an open access, and peer-reviewed journal. FOUNDASIA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on foundations of education ...