FOUNDASIA
Vol. 9 No. 1 (2018)

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SENSITIF BUDAYA

Suyato, Suyato (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2019

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menggagas model Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang sensitif terhadap keberagaman budaya sebagai alternatif model mainstream yang banyak dianut saat ini, yang dicirikan oleh pendekatan top-down, one-size-fits-all. Penulis berargumentasi bahwa pengembangan model PKn sensitif budaya diperlukan dalam rangka mengakomodasi tuntutan perkembangan masyarakat di era global, dimana seiring dengan proses globalisasi muncul gerakan berupa penyadaran kembali ke budaya asli atau proses yang lebih dikenal sebagai glocalization. Permasalahan yang dibahas dibatasi pada teori-teori yang bisa digunakan sebagai landasan pengembangan model Pendidikan Kewarganegaraan yang dapat menghasilkan warga negara yang locally embedded, globally connected. Berdasarkan kajian pustaka, ada dua kelompok besar teori yang dibahas, yaitu teori yang dikemukakan Cheng (2005) tentang pemberdayaan pengetahuan lokal dalam rangka menghadapi arus globalisasi dan Teori-teori tentang cosmopolitanism. Berdasarkan dua kelompok teori tersebut, disajikan saran praktis berkaitan dengan model Pendidikan Kewarganegaraan.Kata kunci: Kepekaan lintas budaya, Pendidikan kewarganegaraan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

foundasia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOUNDASIA is an open access, and peer-reviewed journal. FOUNDASIA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on foundations of education ...