PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini (Journal of Primary and Early Childhood Education Studies
Vol. 1 No. 2 (2018): Primearly

KONSELING PLAY THERAPY PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Patriana (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)



Article Info

Publish Date
15 May 2020

Abstract

Anak sekolah dasar merupakan tahap kedua setelah periode anak usia dini. Walaupun samasama berada pada fase anak, kedua fase ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan baik dari segi fisik maupun mental. Pada masa anak-anak sekolah dasar keinginan berkelompok sudah sangat tinggi, sehingga pada fase ini membutuhkan penyesuaian diri yang baik. Konseling merupakan upaya yang dilakukan oleh konselor untuk membantu anak-anak dalam mengatasi permasalahan-permasalah yang mereka hadapi. Mengingat pada masa anak sekolah dasar ini juga masih diidentikkan dengan individu yang masih menyenangi permainan. Mereka masih senang berada di dunia yang penuh imajinasi. Mengingat hal itu, konseling Play Therapy dianggap tepat untuk membantu anak-anak yang berada disekolah dasar. Melalui bermain diharapkan bisa mengekspresikan perasaan perasaan mereka dengan baik sehingga mereka bisa menyesuaikan diri dan mampu berkembang secara optimal.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

prymerly

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Basic Education and Early Childhood Studies (E-ISSN: 2657-2141, P-ISSN: 2580-9185) is a scientific periodical managed by the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Islamic Institute. The scope of the PrimEarly journal is that this journal contains ...