Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan
Vol 13 No 2 (2019): Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan

MELATIHKAN KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA BAHASAN BIOTEKNOLOGI

Santoso, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran Biologi berbasis inkuiri untuk melatihkanketerampilan berfikir tingkat tinggi siswa SMA pada pokok bahasan bioteknologi. Subyek penelitian iniadalah 40 siswa SMA Negeri 21 Surabaya pada tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan One GroupPre test - Post test Design. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan daritugas dan angket untuk mengetahui beban kognitif siswa pada saat menerima informasi ketika implementasipembelajaran. Data kuantitatif dikumpulkan dari hasil tes yang terdiri dari 40 soal tes kognitif dan 10 soaltes keterampilan berfikir. Hasil penelitian menunjukan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri dapatdigunakan untuk melatihkan keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa dengan kategori baik (skor 3,65),minat siswa (skor 4,81), hasil belajar kognitif (skor 88,95), ketuntasan individu dan klasikal keterampilanberfikir (skor 87,40). Simpulan perangkat pembelajaran inkuiri layak untuk melatihkan keterampilan berfikirtingkat tinggi siswa SMA.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bdksurabaya

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

INOVASI - Jurnal Diklat Keagamaan merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Balai Diklat Keagamaan Surabaya, memuat perkembangan keilmuan dalam ruang lingkup pembahasan antara lain: Bidang pendidikan dan pelatihan, meliputi topik-topik tentang pengembangan sumber daya manusia serta pendidikan ...