Economic Education and Entrepreneurship Journal
Vol 1, No 1 (2018): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)

Efektivitas Model Moral Reasoning Dan Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Memperhatikan EQ

Hijah Peronika (Universitas Lampung)
Edy Purnomo (Universitas Lampung)
Albet Maydiantoro (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Moral Reasoning dan simulasi untuk meningkatkan keterampilan sosial memperhatikan kecerdasan emosional (EQ). Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian menggunakan treatment by level. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 11 kelas dengan jumlah 359 siswa dan sampel yang digunakan 2 kelas dengan jumlah 59 siswa yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan angket. Analisis data menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa ada perbedaan keterampilan sosial dan interaksi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Moral Reasoning dan model Simulasi dengan memperhatikan kecerdasan emosional (EQ)Kata kunci: EQ, Keterampilan Sosial, Moral Reasoning, Simulas

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

E3J

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Economic Education and Entrepreneurship Journal atau Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan ISSN 2579-5902(p) adalah wadah informasi dan publikasi penelitian atau gagasan peneliti, dosen, guru, praktisi pendidikan, pengambil kebijakan, pemerhati pendidikan dan mahasiswa di bidang pendidikan, ...