Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia
Vol 2, No 2 (2014): Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia

Pengaruh Pembelajaran TGT Berbantuan Media Domino Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Stuktur Atom

Asri Wahyuni (IKIP Mataram)
Suryati Suryati (IKIP Mataram)
Citra Ayu Dewi (IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran TGT dengan media Domino terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen semu dengan desain penelitian “Posttest-Only Control Design”. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan didapatkan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) minat belajar kelas eksperimen sebesar 77% sedangkan kelas kontrol sebesar 76%. 2) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 67% sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikan sebesar 0,093 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada materi struktur atom. 

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

hydrogen

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Hydrogen: The Chemistry Education Journal published by the Chemistry Education Study Program which contains articles raised from the results of conceptual research and studies in chemistry and chemistry education including education and learning, device development, media and learning ...