Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia
Vol 1, No 1 (2013): Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia

Keefektifan Blended Learning dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswa IKIP Mataram Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Citra Ayu Dewi (IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2013

Abstract

Karakteristik materi pencemaran lingkungan yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia menuntut adanya suatu pembelajaran yang berkaitan dengan masalah nyata di kehidupan sehari-hari. Salah satu strategi yang dianggap efektif untuk diterapkan adalah strategi problem based learning, karena pembelajaran dimulai dengan masalah nyatadan untuk memberikan kesempatan belajar lebih banyak, mendiskusikan konsep yang menyeluruh, meningkatkan transfer belajarĀ  dan pengalaman dalam memimpin belajar sendiri perlu adanya blended learning sehingga akan dapat meningkatkan proses berpikir kritis dan mengarah pada lingkungan belajar yang optimal. Pada penelitian ini telah membuktikan bahwa penerapan blended learningdalam PBL ternyata lebih efektif dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

hydrogen

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Hydrogen: The Chemistry Education Journal published by the Chemistry Education Study Program which contains articles raised from the results of conceptual research and studies in chemistry and chemistry education including education and learning, device development, media and learning ...