Pembelajaran melalui model Discovery Learning pada sistem gerak yaitu rangka tubuh manusia serta sendi dan ototdengan diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan peningkatan aktivitas siswa dapat diindikasikan dengan adanya peningkatan hasil belajar. Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam proses belajar materi sistem gerak pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kuta Baro. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kuta Baro Aceh Besar tahun 2015/2016 yang berjumlah 14 orang, terdiri dari siswa Laki-laki 5 dan 9 siswa Perempuan dengan tingkat kecerdasan yang berbeda. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Tes tertulis digunakan pada akhir siklus satu dan siklus dua yang terdiri dari materi sistem gerak, sedangkan teknik non tes meliputi: Observasi dan Dokumentasi. Observasi dilakukan pada saat pelaksanaan penelitian tindakan kelas menyangkut kemampuan memahami materi pada siklus 1 dan siklus 2. Dokumen digunakan untuk mengumpulkan dan khususnya nilai mata pelajaran Biologi, dengan alat pengumpulan data Tes tertulis dalam bentuk essay sebanyak 5 soal dan Non tes meliputi lembar observasi dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan Penerapan model Discovery Learning menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat kita lihat dari nilai rata-rata kognitif siswa yang meningkat dari siklus I sampai dengan siklus II. Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam proses belajar materi sistem gerak.
Copyrights © 2019