Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK)
Vol 1, No 1 (2019): JKK

Peningkatan Kemampuan Memahami Struktur Kalimat If Condtioanal Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Greeting and Sending Problems

Hajar, Hajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajaran Bahasa Inggris dengan melalui pembelajaran kooperatif tipe greeting and sending problems pada siswa kelas XII IPA-4 SMA Negeri 1 Kejuruan Muda, dan Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa Bahasa Inggris melalui pembelajaran kooperatif tipe greeting and sending problems serta untuk meningkatkan kemampuan guru mengelola pembelajaran Bahasa Inggris melalui model pembelajaran kooperatif tipe Greeting and Sending Problems pada siswa kelas XII IPA-4 Negeri 1 Kejuruan Muda tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian siswa kelas XII IPA-4 tahun pelajaran 2018/2019 semester 1 sebanyak 32 orang. Alat pengumpul data tes dan observasi. Data yang terkumpul melalui tes akan diolah dengan pendekatan analisis kuantitaf dan data yang terkumpul melalui observasi dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Penelitian terdiri dari dua siklus setiap siklus akan dilakukan tindakan sesuai dengan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan Model pembelajaran kooperatif tipe greeting and sending problems dapat meningkatakan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I kemampuan siswa memahami kalimat If Conditional mencapai ketuntasan 46,80% dan pada siklus II meningkat mencapai 83,33% ketuntasan secara klasikal. Model pembelajaran ini juga meningkatkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran pada semua siklus. Kemampuan guru mengelola pembelajaran pada siklus I rata-rata 61,60% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,98%, Model pembelajaran kooperatif tipe greeting and sending problems dapat menigkatkan aktivitassiswa selama pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 52% dan pada siklus II naik menjadi 85,71%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JKK

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal Kinerja Kependidikan (JKK) will published an orginil manuscript sourced from research results, conceptual ideas, studies and application of theory or literature review that has never been sent or published in other journals anywhere. The scope of the fields contained in Serambi Ilmu Journal ...