Fiqih adalah bagian dari ilmu agama yang dipelajari selain dari ilmu tauhid(teologi), dan ilmu akhlak islam (tasawuf). Pembelajaran fiqih selama ini belum optimaldisebabkan oleh gaya mengajar guru yang belum tepat, kurangnya penggunaan mediapembelajaran dan kurangnya pemahaman guru terhadap karakteristik belajar siswa.Penelitianini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih.Metodepenelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) denganpenggunaan media audio visual yang dilaksanakan di MA NW Nurul Ihsan Tilawah LombokTengah yang dibagi menjadi tiga siklus. Subjek penelitian berjumlah 21 siswa kelas I (satu)MA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat presentase keberhasilan masing-masingsiklus, yaitu: (1) siklus I memperoleh presentase sebesar 66,7%; (2) siklus kedua mengalamipeningkatan sebesar 90,5%.Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakanmedia audio visual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, serta meningkatkan hasilbelajar siswa.
Copyrights © 2018