Aksioma
Vol. 4 No. 1 (2015)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 TORIBULU PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH LAYANG-LAYANG

Ulfiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah layang-layang di kelas VII A SMP Negeri 1 Toribulu. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Toribulu tahun ajaran 2013/2014. Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah layang-layang. Peneliti menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing yang melalui beberapa langkah, yaitu perumusan masalah, pemrosesan data, penyusunan konjektur, pemeriksaan konjektur, verbalisasi konjektur dan umpan balik. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, lembar observasi, catatan lapangan, dan data hasil tes siswa. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk paparan naratif. Kata kunci: metode pembelajaran penemuan terbimbing, hasil belajar, layang-layang

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jax

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Aksioma is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles about mathematics education and its instructional. This journal publishes two times a year, in March and September. Aksioma encompasses ...