Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Vol 2 No 1 (2019): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Konsep Perubahan Wujud Benda Melalui Metode Eksperimen pada Peserta Didik di Kelas V SDN No. 30 Inp. Kaida Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene

Muh. Ishak Basri Ishak (Universitas Terbuka)
Rahmat Abdul Layn (Unknown)
Rivan (Unknown)
Muh. Ahsan (Unknown)
Nurmadina (Unknown)
Sri Sulfa Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pertumbuhan suatu bangsa. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka perlu dilakukan peningkatan kualitas proses belajar mengajar tentang mata pelajaran IPA konsep perubahan wujud benda dengan melakukan penelitian kelas dengan tujuan meningkatkan kualitas peserta didik dalam berbagai bidang dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode percobaan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran dengan setiap siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi serta refleksi. Waktu penelitian pada bulan April di kelas V SDN No, 30 Inp Kaida Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene dengan jumlah peserta didiki 15 orang, hasil adapun pada siklus I adalah 48,8% tuntas belajar,dengan nilai tinggi 9,4% dan nilai sedang 39, 4%. Kemudian pada siklus II, turunkan dari 48,8% tuntas menjadi 84,5%, nilai tinggi dari 9,4% menjadi 31% dan nilai sedang menjadi 45%. Dengan demikian dapat disangkal bahwa peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar pada siklus II dibandingkan siklus I setelah menggunakan metode percobaan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Other

Description

Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance ...