Hasil studi menggunakan EGRA (Early Grade Reading Assessment) yang dilakukan oleh program Inovasi di kabupaten Lombok Utara yang dipublikasi pada September 2017 menunjukkan bahwa kemampuan membaca peserta didik untuk kelas dua sekolah dasar masih tergolong rendah. Dari 698 peserta didik yang dijadikan sample, diketahui baru 31,1 % yang mengenal huruf, 22,2% lancar membaca dan hanya 19,5% peserta didik yang memahami apa yang dibaca. Kondisi ini paling tidak mencerminkan masih rendahnya mutu pendidikan di Nusa Tenggara Barat dan umumnya di Indonesia, sekaligus memperkuat temuan hasil studi lembaga-lembaga internasional seperti PISA dan TIMMS. Bila ditelusuri lebih mendalam, diketahui ada beragam faktor yang menyebabkan masih rendahnya mutu pendidikan di Kabupaten Lombok Utara, salah satunya adalah terkait kemampuan guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran. Dari hasil observasi awal dan wawancara dengan beberapa orang guru yang dipilih secara acak diketahui bahwa sebagian besar guru masih menggunakan strategi pembelajaran yang monoton dan kurang kreatif dalam memilih media pembelajaran sesuai dengan perkembangan siswa. Berangkat dari kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan media Big Book terhadap keterampilan membaca bagi siswa kelas awal sekolah dasar di kabupaten Lombok Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain the nonrandomized control group, pretest–posttest. Penelitian ini menggunakan dua kelompok kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media Big Book, sementara kelas kontrol adalah kelas yang tidak menggunakan media Big Book sebagai media pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 2 Tanjung Kabupaten Lombok Utara yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas II A dan II B yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah bahwa media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Hasil penelitian ini memperkuat temuan-temuan penelitian sebelumnya bahwa media Big Book dapat dengan efektif meningkatkan keterampilan membaca siswa terutama bagi siswa kelas awal.
Copyrights © 2018