Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan dari konseling ekelompok Values Calrification terhadap empati siswa di SMK Negeri 4 Mataram. Lebih lanjut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan true experimen. Desain penelitian yang digunakan yakni pre-test and post-test design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 8 orang siswa. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adopsi dari The Questionnaire of Cognitive and Affective Empathy (QCAE). Analisis data dilakukan melalui uji t atau t-tes. Dari hasil analisis dengan menggunakan uji t-tes diperoleh nilai t-hitung untuk kelompok ekperimen sebesar 24.531, sedangkan nilai t-tabel dengan db = 8-1= 7 dan taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2.365, yang berarti nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (24.531 > 2.365). Kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung yang diperoleh adalah signifikan maka dapat dikemukakan bahwa konseling kelompok Values Clarification (VC) efektif untuk meningkatkan empati siswa di SMK Negeri 4 Mataram.
Copyrights © 2018