Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2 Edisi Oktober 2020

PENGARUH METODE MENYIMAK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI PAUD BERSERI KECAMATAN KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Khairul Huda (Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, Unversitas Pendidikan Mandalika)
M. Najamuddin (Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, Unversitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2021

Abstract

Abestrak: Salah satu perkembangan kognitif pada anak usia dini yang cukup penting adalah perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa ini tentunya berkaitan dengan kemampuan membaca anak usia dini. Membaca pada anak usia dini memiliki banyak tantangan, sehingga diperlukan metode yang dapat membantu proses pembelajaran. Oleh karena itu rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode menyimak terhadap kemampuan membaca pada anak usia 5 – 6 tahun di PAUD Berseri Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2019/2020?. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan menyimak dengan kemampuan membaca pada anak usia 5 – 6 tahun di PAUD Berseri Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2019/2020.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain One group Pre-Test and Post-Test Design. Kemudian data dikumpulkan dengan metode observasi. Data skor observasi kemudian dianalisis dengan ujiPaired T-Test menggunakan aplikasi SPSS for Windows. Hasil analisis data menunjukan nilai thitung  sebesar 12,253, sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikansi 5% pada df 14 diperoleh 2,145. Hal ini menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh dalam penelitian ini lebih besar dari pada nilai ttabel (12,253>2,145). Oleh karena itu dapat dikemukakan bahwa hipotesis Nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode menyimak terhadap kemampuan membaca pada anak usia 5 – 6 tahun di PAUD Berseri Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah tahun pelajaran 2019/2020. Selain itu berdasarakan pengamatan observer, peserta didik lebih antusias ketika diminta menyimak dan mengulangi kata. Peserta didik juga menjadi lebih aktif serta terlibat dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Metode Menyimak, Kemampuan Menyimak

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...