Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1 Edisi April 2020

PENGGUNAAN MEDIA PLAYDOUGH DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK HAMZANWADI PANCOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Khaerul Huda (Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika)
Hariati Hariati (Program Studi PG-PAUD, STKIP HAMZAR Lombok Timur)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menembangkan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di TK Hamzanwadi Pancor Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action research) model Kemmis dan Taggart, yang meliputi empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dengan memberikan suatu tindakan pada subjek yang diteliti melalui media palydough sebagai variabel bebas dan untuk mengetahui motorik halus anak sebagai variable terikat. Hasil penelitian menunjukkan adanya proses peningkatan pengembangan hasil pada motorik halus anak melalui media playdough. Hal ini dapat dilihat mulai dari hasil pra-intervensi sampai dengan siklus II dimana keterampilan sosial yang dimiliki siswa kelas B secara keseluruhan meningkat dengan rerata 50%.Hasil dari nilai rata-rata pra-.intervensi 30% dan meningkat sampai dengan 75% pada siklus II.Kata Kunci : Media Playdough, Motorik Halus Anak

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...