Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1 Edisi April 2018

HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DENGAN BERPIKIR POSITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SETELUK KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Hariadi Ahmad (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram)
Mustakim Mustakim (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram)
Syafaruddin Syafaruddin (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Individu sebagai mahluk sosial yang membutuhkan kehadiran orang lain dan juga dibutuhkan adanya keselarasan. Agar hubungan interaksi berjalan dengan baik diharapkan manusia mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan sosialnya. Penyesuaian diri adalah kemampuan individu dalam mengenal kelebihan kekaurangan yang dimilikinya, bersikap secara realistik dalam mengembangkan kepribadian berupa emosi, pikiran dan perilaku secara matang sehingga merasakan kepuasan dalam dirinya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi penyesuaian diri individu adalah berpikir positif. Berpikir positif merupakan keterampilan yang dimiliki individu dalam menerima situasi kondisi secara positif, sehingga individu tersebut memiliki kepuasan dalam hidupnya, meyakini kemampuan yang dimilikinya sehingga harga diri menjadi meningkat, serta berpikir secara optimis dalam meraih harapan kesuksesan akan masa depannya. Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat hubungan antara penyesuaian diri dengan berpikir positif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan berpikir positif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat tahun pelajaran 2017/2018. Jumlah populasi sebanyak 444 orang siswa dan sampel sebanyak 20% atau  berjumlah 89 orang siswa. Metode dalam pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode pokok, observasi, dokumentasi, dan wawancara sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan rumus product moment. Bedasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh hasil penelitian yaitu nilai rxy lebih besar dari nilai r product moment (rxy0,226 > r product moment 0.213) kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai rxy yang diperoleh dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: Ada Hubungan Antara Penyesuaian Diri dengan Berpikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan demikian dalam penelitian ini dinyatakan Signifikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...