Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh variabel (1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) aktivitas guru dalam kelompok kerja guru (KKG) terhadap kinerja guru, (3) kepemimpinan kepala sekolah dan aktivitas guru dalam kelompok kerja guru (KKG) secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Responden penelitian adalah guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Teluk Meranti yang berjumlah 84 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket sebagai instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan pengujian hipotesis. Koefisien reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,740, dan terdapat pengaruh positif antara aktivitas guru dalam kelompok kerja guru (KKG) terhadap kinerja guru sebesar 0,597. Sedangkan secara bersama-sama terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan aktivitas guru dalam kelompok kerja guru (KKG) terhadap kinerja guru sebesar 0,758.
Copyrights © 2018