cover
Contact Name
Ragil Yovander, S.I.Kom
Contact Email
ragil.yovander@gmail.com
Phone
+6281275449559
Journal Mail Official
jmp@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Kampus Pattimura Program Studi Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau Lt.2 Gobah-Pekanbaru Telp: 0761-855697
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Published by Universitas Riau
ISSN : 23385278     EISSN : 27453685     DOI : -
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ulasan, hasil pemikiran, dan penelitian tentang manajemen pendidikan yang meliputi: 1. Pengelolaan kurikulum, 2. Pengelolaan lulusan, 3. Pengelolaan proses pembelajaran, 4. Pengelolaan sarana dan prasarana, 5. Pengelolaan pendidikan, 6. Pengelolaan pembiayaan, 7. Pengelolaan penilaian, dan 8. Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 221 Documents
KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN KAMPAR Arjuniwati Arjuniwati; Azhar Azhar; Suarman Suarman
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.6.1.p.14-27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kontribusi variabel (1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) lingkungan kerja terhadap kinerja guru, (3) kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Responden penelitian adalah guru Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Kampar yang berjumlah 84 orang diperoleh dengan teknik proportionate probability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket sebagai instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan pengujian hipotesis. Koefisien reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Secara parsial hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,770, dan terdapat kontribusi secara signifikan antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,768. Sedangkan secara simultan terdapat kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,803.
HUBUNGAN ANTARA KOHESIFITAS DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA KEPALA SEKOLAH SD NEGERI DI KABUPATEN SIAK MUHAMMAD NASIR; ISJONI ISJONI; DAENG AYUB NATUNA
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.5.1.p.77-81

Abstract

The objective of this research is to analyze the relationship between cohesivenessand organizational climate with headmaster performance in Elementery School Siak Regency.The sample of the research is 80 headmaster Elementery School selected. Research conductedin the Siak Regency for approximately 3 months. The research was conducted in to March2016. The population in this study is a headmaster Elementery School in Siak Regency totaling80 headmaster and the number of samples obtained 67 headmaster. The instrument of theresearch is questioner the validity of the instrument by using product moment pearson, therealibility of the this instrument by using alpha cronbach. The results of this research are: (1)There is a positive relationship between cohesiveness (X1) with the headmaster performance(Y) with correlation ry1=0,41, (2) There is a positive relationship between organizational climate(X2) with headmaster performance (Y) with correlation ry2=0,32, and (3) There is a positiverelationship between cohesiveness (X1) and organizational climate (X2) with headmasterperformance (Y) with correlation ry12= 0,71.
KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN VISIONER DAN KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP OPTIMISME GURU BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS DI KECAMATAN TEBING TINGGI KEPULAUAN MERANTI RIAU Septia Ristanti; Daeng Ayub Natuna; Fadly Azhar
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.7.2.p.265-273

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi kepemimpinan visioner,  kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap optimisme guru bidang studi Bahasa Inggris, di Kecamatan Tebing Tinggi, Kepulauan Meranti, Riau. Penelitian ini bersifat kuantitatif, Sampel penelitian adalah 88 orang, dan data dikumpulkan dengan angket lima pilihan. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian adalah didapatkan kontribusi yang signifikan antara variabel kepemimpinan visioner  terhadap optimisme guru bidang studi Bahasa Inggris,  dan diperoleh kontribusi yang signifikan antara variabel kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap optimisme guru bidang studi Bahasa Inggris.  Selain itu, terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel kepemimpinan visioner  dan kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap optimisme guru bidang studi Bahasa Inggris. Temuan ini menyimpulkan bahwa semakin baik persepsi guru terhadap kepemimpinan visioner  dan kecerdasan emosional kepala sekolah, maka optimisme guru bidang studi Bahasa Inggris akan semakin baik. Penelitian ini diharapkan berguna untuk perbaikan kinerja serta optimisme guru dalam melaksanakan kewajibannya ketika melakukan kegiatan pembelajaran dan membina peserta didik di sekolah.
PENGARUH DISIPLIN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMP 4 KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR Taromi Taromi; Hasnah Faizah AR; Caska Caska
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.7.1.p.83-94

Abstract

Penelitian  ini dilakukan pada SMP 4 Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri 4 di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi terhadap kinerja guru SMP Negeri 4 di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin kerja dan komunikasi terhadap kinerja guru SMP Negeri 4 di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.Populasinya adalah semua guru SMP 4 Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar yang berjumlah 76 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara simple random sampling (acak sederhana) dengan menggunakan rumus sloviin. Jumlah sampel pada penelitian iniberjumlah64 orang guru di SMP 4 Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dan pengolahan data menggunakan uji regresi linier berganda.Berdasarkan hasil uji olah data dengan menggunakan uji regresi linier berganda dapat disimpulkan, yaitu: Disiplin kerja mempunyai peranan yang sangat kuat dalam peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 4 Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, komunikasi mempunyai peranan yang sangat kuat dalam peningkatan kinerja guru SMP Negeri 4 Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, disiplin kerja dan komunikasi  secara bersama-sama mampu meningkatkan kinerja guru SMP Negeri 4 Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.
HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI GURU DAN BEBAN KERJA DENGAN STRES KERJA GURU SMA NEGERI SE-KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS AKMALLUDIN AKMALLUDIN; HASNAH FAIZAH; CASKA CASKA
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.5.1.p.1-9

Abstract

This reseacrh of data consisted three variables, one dependent variable andtwo independent variables. The dependent variable (Y) is the work stress, while the firstindependent variable (X1) is teacher competence and second independent variables (X2) is theworkload. The purpose of this research was to determine the relationship of teacher competencewith work stress, workload against work stress, teacher competence and workload with workstresstogether. Respondents were teachers of State Senior High School in Mandau Sub-DistrictBengkalis Districwith totaling 160 people obtained byrandom sampling proportional technique.This research of data collected through questionnaire as a research instrument. Before thestudy tested the following instruments validity and reliability. Analysis of the data used isdescriptive analysis, statistical analysis and hypothesis testing. Based on the results of correlationcoefficient indicates a strong relationship between teacher competency against work stress of0.679 and correlation workload against occupational stress by 0.543. While jointly relationshipteacher competence and workload of the work stress of 0.757.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI SE-KOTA PEKANBARU Faizal Faizal; Makhdalena Makhdalena; Rr Sri Kartikowati
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.7.2.p.162-177

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan kompensasi baik secara simultan maupun secara parsial berpengaruh terhadap  kinerja guru di SMK Negeri se-­kota Pekanbaru, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya organisasi dan kompensasi baik secara simultan maupun secara parsial berpengaruh terhadap  kinerja guru di SMK Negeri Se­kota Pekanbaru. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai kondisi yang sebenarnya yang ada di tempat penelitian dan pembuktian hipotesis mengenai keterkaitan variabel penelitian: budaya organisasi, kompensasi, dan kinerja guru. Populasi penelitian ini guru PNS di SMK Negeri se-Kota Pekanbaru yang berjumlah 397 orang, sedangkan sampel sebanyak 80 orang. Hasil penelitian ini berdasarkan analisa regresi berganda menunjukan bahwa, secara simultan budaya organisasi dan kompensasi berpengaruh terhadap kinerja guru, sebesar 57,3%. sementara secara parsial budaya organisasi berpengaruh terhadap Kinerja guru, sebesar 5,00% dan secara parsial menunjukkan Kompensasi berpengaruh terhadap kinerja guru  sebesar 5,32%; Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan, bahwa budaya organisasi dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja guru baik secara simultan maupun secara parsial.
PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN GURU SD DI KECAMATAN PULAU MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI Yusri Pitel; Isjoni Isjoni; Gimin Gimin
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.6.2.p.291-301

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang adanya pengaruh antar variabel-variabel (1) Budaya Sekolah terhadap Motivasi kerja guru SD di Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti, (2) Budaya Sekolah terhadap komitmen guru SD di Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti, (3). Motivasi Kerja terhadap komitmen guru SD di Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini didapatkan melalui penyebaran instrument kepada 103 orang guru SD di Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah analisis jalur dengan Persamaan struktur : X2 = x2x1X1 + ε1 dan persamaan struktur : Y = yx1X1+ yx2X2 + ε2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model struktural yang diajukan diterima. (1) Budaya sekolah memiliki pengaruh langsung dan bermakna terhadap motivasi kerja guru sebesar 28 % (2) Budaya sekolah berpengaruh positif terhadap komitmen guru sebesar 4,8 %. (3) Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap komitmen guru sebesar 12,2 %Hasil penelitian diharapkan berguna bagi perbaikan dan peningkatan Komitmen guru SD di Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti dengan cara budaya sekolah dijadikan pedoman dalam beradaptasi dengan lingkungan internal maupun eksternal sehingga guru memiliki motivasi dalam bekerja demi kemajuan sekolah.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SIAK KABUPATEN SIAK Marliya Marliya; Gimin Gimin; Nurpit Junus
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.5.2.p.285-295

Abstract

The purpose of this study was to determine the direct and indirect effects ofschool leadership and professionalism of teachers on the performance of elementary school(SD) in Siak Districts Siak. This study uses a quantitative method using a technical of the pathanalysis. As for variables the study consisted of two independent variables that PrincipalLeadership (X1) and Teacher Professionalism (X2) while the dependent variable is the TeacherPerformance (Y). The study population was a teacher SDN districts of Siak regency Siakamounted to 188 people and 65 samples. The result of data analyses shown leadership ofheadmaster has given direct effect significantly trough teacher professionalism by 17,8%. Theother analyses shown that leadership of headmaster has given significant effect through teacherperformance by 6,65%, then leadership of headmaster and teacher professionalism throughteacher performance by 24,7% contribution. The result of data analyses shown that teacherprofessionalism has given significantly effect through teacher performance by 10,8%.
POLA PEMBINAAN DAN PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN DAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI SEKECAMATAN UJUNGBATU KABUPATEN ROKAN HULU, RIAU Dian Tri Andini Lubis; M. Nur Mustafa; Gimin Gimin
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.6.2.p.183-196

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pola Pembinaan dan Pengawasan kepala Sekolah Terhadap Disiplin dan Kinerja Guru Di SMP Negeri Kecamatan Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknis analisis jaur (path analysis). Adapun variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu Pola Pembinaan dan Pengawasan Kepala Sekolah (X) sedangkan variabel terikatnya adalah Disiplin (Y1) dan Kinerja Guru (Y2). Populasi penelitian adalah guru SMP Negeri Kecamatan Ujungbatu berjumlah 107 orang dan sampel 50 orang. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa Pola Pembinaan dan Pengawasan Kepala Sekolah memberikan pengaruh langsung secara signifikan terhadap Disiplin Guru sebesar 2,1%. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa Pola Pembinaan dan Pengawasan Kepala Sekolah memberikan pengaruh secara signifikan terhadap Kinerja guru sebesar 6,55%, dan Pola Pembinaan dan Pengawasan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru sebesar kontribusi 24,1%. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa Disiplin Guru memberikan pengaruh langsung yang signifikan terhadap Kinerja Guru sebesar 10,95%.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH DASAR DI UPTD KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU Beni Saputra; Jimmi Copriady; Sumardi Sumardi
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.5.2.p.201-212

Abstract

This study aims to analyze the effect of variables (1) emotional intelligence ondecision making, (2) utilization of management information systems on decision making, (3)emotional intelligence and management information system utilization together to decision making.The sample of research is Head of Primary School at UPTD Kecamatan Tampan PekanbaruCity amounted 52. Data obtained by spreading of questionnaire using likert scale. To test thevalidity of research instruments used Product Moment analysis, while for reliability test usedAlpha Cronbach. Data analysis used descriptive analysis, inferential statistical analysis forhypothesis testing. The results showed a positive and significant influence between emotionalintelligence on decision making of 0.581, and there is a positive and significant influence betweenthe utilization of management information systems to decision making of 0.513. While the influenceof emotional intelligence and utilization of management information systems on decision makingof 0.607.

Page 1 of 23 | Total Record : 221