Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 7, No 1 (2019)

KONTRIBUSI KUALIFIKASI AKADEMIK DAN PROFESIONALISME TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR GURU SMP DI KABUPATEN BENGKALIS

Zulkifli Zulkifli (Post Graduate Student of Riau University)
Caska Caska (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)
Zulkifli N Zulkifli N (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini adalah desain korelasional yang melibatkan tiga variabel. Mereka adalah Kualifikasi Akademik Guru (X1), Profesionalisme (X2), dan Pengembangan Karier (Y). Ada 83 guru dari SMP Negeri di Kabupaten Bengkalis dan Bantan-Kabupaten Bengkalis dari total populasi 474 guru dari semua SMP di kabupaten ini. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Kuesioner diberikan yang terdiri dari rincian pribadi guru dan tiga variabel lain yang menarik. Kuesioner ini dirancang untuk mengumpulkan persepsi guru tentang kualifikasi akademik, profesionalisme, dan pengembangan karir mereka menggunakan Skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan dukungan perangkat lunak SPSS Versi 17 untuk Windows. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata kualifikasi akademik guru variabel adalah 35,29 yang dikategorikan rendah, dan skor rata-rata profesionalisme guru variabel adalah 83,41 yang dikategorikan tinggi. Analisis korelasional menunjukkan variabel kualifikasi akademik (X_1) memiliki Asymp signifikansi 0,000 yang diuji dalam prosedur signifikan 2-tailed dan menghasilkan nilai alpha (α / 2 = 0,025.) Infact, kesimpulan dapat ditarik bahwa ada korelasi yang signifikan antara kualifikasi akademik dan pengembangan karir guru di Kabupaten Bengkalis. Prosedur statistik yang serupa juga digunakan dalam analisis variabel Profesiisme Guru (X_2) terhadap pengembangan karier guru. Nilai signifikan 0,000 adalah hasil dari analisis korelasional antara profesionalisme guru dan pengembangan karir mereka. Itu diuji dengan α = 5% (0,05). Tes juga terlihat dengan nilai α / 2, yaitu 0,025. Nilai koefisien 0,000 <0,025 (koefisien lebih besar dari nilai α). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru dan pengembangan karir mereka di Kabupaten Bengkalis. Berdasarkan tabel ringkasan model, analisis regresi berganda variabel X_1 dan X_2 terhadap variabel (Y) memiliki nilai signifikan = 0,000, dimana α / 2 = 0,025. Jika koefisien dibandingkan dengan nilai α, jelas 0,000 <0,025, jadi, H_o ditolak, tetapi H_a diterima. Jadi, keputusan dapat diambil, Ada korelasi simultan antara variabel kualifikasi akademik dan profesionalisme guru pada pengembangan karir guru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...