Artikel ilmiah ini seacara khusus bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang peningkatan aktivitas belajar mental dan emosional mahasiswa dengan menerapkan Strategi Quiz Team pada mata kuliah Pembuatan Bahan Ajar PAI di Fakultas Agama Islam UM Pontianak Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan classroom action research. Model PTK yang digunakan yaitu model penelitian tindakan Kurt Lewin yang terdiri dari: Perencanaan (planning), Tindakan (acting), Pengamatan (observing) dan Refleksi (reflecting) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di fakultas Agama Islam UM Pontianak. Waktu penelitian mulai bulan Pebruari - Mei 2016. Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu Observasi dan Dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Terdapat Peningkatan Aktivitas Belajar Mental dan Emosional Mahasiswa melalui Penerapan Strategi Quiz Team pada Mata Kuliah Pembuatan Bahan Ajar PAI di Fakultas Agama Islam UMPontianak, yakni siklus 1 mencapai 77,78% atau pada kategori Tinggi/Baik dan pada siklus 2 mencapai 88,89% tergolong pada kategori Sangat Tinggi/Sangat Baik. Oleh karena itu disarankan keapda dosen menggunakan strategi dan metode yang bervariasi dalam menyampaikan materi perkuliahan salah satunya adalah strategi Quiz Team. Kata Kunci: Strategi Quiz Team dan Aktivitas Belajar Mental dan Emosional
Copyrights © 2016