MetaBio : Jurnal Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2020): Oktober 2020

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEMBASED INSTRUCTION: COMPARISON OF STUDENT LEARNING OUTCOMES USING THE PROBLEMBASED INSTRUCTION APPROACH

Huda, M. Komarul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini tentang Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Instruction (PBI) pada Materi Filum Arthropoda. Dilaksanaka pada bulan bulan mei-juni YP. SMA Erlangga Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa dalam mempelajari filum arthropoda dengan menggunakan pendekatan Problem Based Instruction,serta untuk mengetahui besarnya perbedaan hasil belajar siswa dalam mempelajari filum arthropoda dengan pendekatan Problem Based Instruction. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 siswa.Dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen 22 siswa dan kelas kontrol 22 siswa. Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata skor, Standar Deviasi dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α = 0,05. Nilai rata-rata pre-test dan post-test untuk kelas eksperimen adalah nilai rata-ratanya adalah 3,82 dan 7,14 dan selisih hasil belajar sebesar 3,32. Nilai rata-rata pre-test dan post-test untuk kelas kontrol adalah3,14 dan 4,50 dan memiliki selisih hasil belajar sebesar 1,36. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan ditemukan bahwa, thitung (5,811)>ttabel(2,00). Dengan demikian, Ha diterima dan Hl ditolak.Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam mempelajari filum arthropoda dengan menggunakan pendekatan Problem Based Instruction pada siswa kelas X YP. SMA Erlangga Tahun Pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

metabio

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Ilmiah Metabio merupakan jurnal publikasi yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Pematangsiantar. Jurnal ini akan memuat hasil-hasil penelitian ilmiah pada berbagai bidang ilmu Biologi dan Pembelajaran Biologi diantaranya Ekologi, Anatomi, IPA, Metode ...