Pembangunan karakter merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam kehidupan bermasayarakat, berbangsa, dan bernegara. Lembaga pendidikan merupakan salah satu wahana pembangunan karakter. Penanaman nilai-nilai karakter berbasis budaya sekolah dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memberdayakan semua lingkungan belajar secara optimal untuk menanamkan, memperbaiki, menguatkan, dan menyempurnakan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan budaya sekolah yang mendorong terbentuknya karakter pada peserta didik di MTs Mambaus Sholihin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, serta studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Madrasah membentuk karakter peserta didik melalui penerapan budaya sekolah. 2) Budaya sekolah yang diterapkan meliputi etika peserta didik kepada pendidik, budaya ketika memulai dan mengakhiri pelajaran, budaya jujur dan tanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain, 3) Karakter yang terbentuk meliputi disiplin, religius, sikap peduli, jujur, dan tanggung jawab.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020