Tujuan penelitian: untuk mengetahui efektifitas pemberian layanan bimbingan kelompok karir dalam meningkatkan pemahaman karir siswa kelas XII SMA Negeri 1 Wawotobi. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimental dengan metode pre eksperimen dengan desain One Group Pre-test and Post-test Design. Hipotesis penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok karir efektif dalam meningkatkan pemahaman karir siswa SMA Negeri 1 Wawotobi. Sedangkan  metode analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai output Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,005. Karena nilai sig. 0,005 < 0,05 pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan pemahaman karir siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok karir. Hasil tersebut menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok karir efektif meningkatkan pemahaman karir siswa SMA Negeri 1 Wawotobi. Kata kunci: layanan bimbingan kelompok karir, pemahaman karir
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018