Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 3, No 1 (2019)

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK KONVENSIONAL DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMPN 1 KONTUNAGA

Asrizal, Asrizal (Unknown)
Muharam, La Ode (Unknown)
Silondae, Dodi Priyatmo (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah bimbingan kelompok dengan teknik permainan efektif meningkatkan kepercayaan diri siswa. 2) apakah bimbingan kelompok konvensional efektif meningkatkan kepercayaan diri siswa. 3) apakah bimbingan kelompok dengan teknik permainan lebih efektif dibandingkan bimbingan kelompok konvensional dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subyek penelitian sebanyak 16 orang. Analisis data menggunakan statistik non-parametik dengan uji wilcoxon match pair test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pada kelompok A nilai Asym. Sig. (2 tailed) 0,012 (0,012 < 0,05) yang berarti terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa setelah diberikan perlakuan. 2) Pada kelompok B, nilai Asym. Sig. (2 tailed) 0,012 (0,012 < 0,05) yang berarti terjadi peningkatan kepercayaan diri siswa setelah diberikan perlakuan, 3) peningkatan skor rata-rata kelompok A sebesar 32,12 sedangkan kelompok B sebesar 14,33 sehingga disimpulkan bimbingan kelompok dengan teknik permainan lebih efektif dibandingkan bimbingan kelompok konvensional dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Permainan, Kepercayaan Diri

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...