Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika di SMP Negeri 02 Kendari. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa layanan bimbingan dan konseling untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika di SMP Negeri 02 Kendari telah diberikan pada siswa kelas VII, VIII dan kelas IX. Layanan bimbingan dan konseling yang diberikan guru BK dalam rangka mengatasi masalah kesulitan belajar matematika yang dialami siswa. Layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesilitan belajar matematika dilaksanakan dalam bentuk: 1) Melakukan pengumpulan data tentang hasil belajar matematika siswa, 2) Melakukan layanan bimbingan dan konseling untuk mengatasi kesulitan belajar matematika siswa, dan 3) melakukan evaluasi perkembangan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika. Kata Kunci: Layanan Bimbingan dan Konseling, Kesulitan Belajar Matematika
Copyrights © 2018