Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 1, No 2 (2017)

HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KELAS IX DI SMP NEGERI 5 KENDARI

Maudi, Nurhayani (Unknown)
Muharam, La Ode (Unknown)
Aspin, Aspin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 5 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di SMP Negeri 5 Kendari. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dan kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 5 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 5 Kendari dengan jumlah 370 orang. Dari populasi yang ada, diambil sampel penelitian dengan menggunakan teknik proportional random sampling sebanyak 15% sehingga sampel keseluruhan berjumlah 56 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Secara umum minat belajar siswa berada dalam kategori tinggi yaitu 66% atau 37 orang, dan tidak ada siswa yang berada pada kategori rendah dan sangat rendah. Sebanyak 25% atau 14 orang berada pada ketegori sedang dan 9% atau 5 orang berada pada kategori sangat tinggi. 2) Kesulitan belajar siswa kelas IX berada pada kategori rendah yaitu 52% atau 29 orang. Selebihnya 36% atau 20 orang berada pada kategori sedang dan 12% atau 7 orang berada pada kategori tinggi. 3) Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan dari kedua variabel dengan nilai korelasi diperoleh -0,721. Kata kunci: Minat Belajar, Kesulitan Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...