Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan peranan guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku bullying siswa MTsN 2 Kendari.Subyek dalam penelitian ini adalah Guru Bimbingan dan Konseling, Kepala Sekolah, Wali Kelas dan Siswa MTsN 2 Kendari. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data yaitu merangkum pokok-pokok data yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas tentang peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku bullying siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa guru bimbingan dan konseling berperan dalam mengatasi perilaku bullying melalui tindakan kuratif (rehabilitasi atau penyembuhan) dan berperan sebagai informator, sebagai fasilitator, sebagai mediator, sebagai evaluator dan sebagai konselor dengan memberikan layanan konseling individu, konseling kelompok, mediasi dan layanan klasikal. Kata kunci: guru bimbingan dan konseling, perilaku bullying
Copyrights © 2018