Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Vol 2, No 1 (2018)

PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 2 KENDARI

Sari, Risca Puspita (Unknown)
Muharam, La Ode (Unknown)
Jahada, Jahada (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2018

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan peranan guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku bullying siswa MTsN 2 Kendari.Subyek dalam penelitian ini adalah Guru Bimbingan dan Konseling, Kepala Sekolah, Wali Kelas dan Siswa MTsN 2 Kendari. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data yaitu merangkum pokok-pokok data yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas tentang peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku bullying siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa guru bimbingan dan konseling berperan dalam mengatasi perilaku bullying melalui tindakan kuratif (rehabilitasi atau penyembuhan) dan berperan sebagai informator, sebagai fasilitator, sebagai mediator, sebagai evaluator dan  sebagai konselor dengan memberikan layanan konseling individu, konseling kelompok, mediasi dan layanan klasikal. Kata kunci: guru bimbingan dan konseling, perilaku bullying

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bening

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan ...