Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penyebab siswa mengalami kesulitan belajar dan 2) untuk mengetahui upaya-upaya kepala sekolah, guru mata pelajaran dan guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar siswa SMAN 6 Kendari. Jenis penelitian ini adalah peneliitian kualitatif. Subyek penelitian sebanyak 4 orang yakni kepala sekolah, 2 guru mata pelajaran dan 1 guru BK. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara terstruktur. Hasil penelitian 1). Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa di SMA Negeri 6 Kendari terdiri dari faktor fisik, psikologis, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, penguasaan materi sebelumnya dan media massa. 2) Dalam mengatasi kesulitan belajar, kepala sekolah melakukan supervisi terhadap guru mata pelajaran. Upaya guru mata pelajaran yakni memberikan remedial, menambah waktu belajar, menjelaskan pentingnya materi pelajaran, memotivasi, merubah sikap siswa terhadap pelajaran dan membentuk tutor teman sebaya. Upaya guru BK adalah memberikan layanan dalam mengembangkan diri, sikap dan kebiasaan belajar serta mengembangkan keterampilan belajar.            Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Cara Mengatasi Kesulitan Belajar
Copyrights © 2018