Tujuan penelitian: untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi kebiasaan belajar buruk siswa di SMP Negeri 1 Unaaha. Jenis penelitian ini adalah penelitian eskperimen dengan pendekatan pre eksperimen dan menggunakan desain One Group Pre test and Post test. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan Angket kebiasaan belajar. Berdasarkan hasil analisis deskriptif presentase menunjukkan bahwa kebiasaan belajar buruk siswa sebelum diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kategori tinggi, sesudah diberikan perlakuan mengalami penurunan dan berada pada kategori rendah. Berdasarkan analisis inferensial menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikansi α=0,05 diperoleh Pvalue=0,012. Pvalue<α(0,012<0,05) dengan demikian H0 ditolak. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa bimbingan kelompok efektif untuk mengatasi kebiasaan belajar buruk siswa di SMP Negeri 1 Unaaha. Kata Kunci: Kebiasaan Belajar Buruk, Bimbingan Kelompok
Copyrights © 2018