Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan perilaku asertif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Samaturu melalui bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan desain one-grup pre-test and post-test. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah bimbingan  kelompok dapat menumbuhkan perilaku asertif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Samaturu. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket perilaku asertif. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Pvalue = 0,012. Pvalue < α (0,012 < 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan  kelompok dapat menumbuhkan perilaku asertif siswa kelas X SMA Negeri 1 Samaturu. Kata Kunci: Perilaku Asertif, Bimbingan Kelompok.
Copyrights © 2019