Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mencari apakah ada hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di SMP Negeri 15 Kendari. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 15 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kendari dengan jumlah 129 orang. Sampel dalam penelitin ini sebanyak 32 orang diambil dari jumlah populasi mengunakan teknik purposive sampling sebanyak 25%. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) disiplin belajar berada pada kategori baik yaitu 62% atau 20 orang, dan yang berada pada kategori rendah sebanyak 37% atau 12 orang. (2) prestasi belajar berada pada kategori tinggi yaitu 78,12% atau 25 orang, dan yang berada pada kategori sedang sebanyak 3,12% atau 3 orang. (3) Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan dari kedua variabel dengan nilai korelasi sebesar 0,631. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Prestasi Belajar
Copyrights © 2017