AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional
Vol 2 No 1 (2020): AKSELERASI: JURNAL ILMIAH NASIONAL

ANALISIS BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK GULA AREN DI CV. CANDELA

Elda Nurgina (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
E.Lina Nurhalimah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Faras Annisa Aulia (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Fikra Restakirana (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Fikri Azshois (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
H. Budiman (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2020

Abstract

Bauran promosi merupakan hal penting bagi sebuah perusahaan, dalam rangka untuk menarik minat beli konsumen. Bauran promosi terdiri dari iklan, promosi penjualan, pemasaran langsung, penjualan pribadi dan hubungan masyarakat. Saat ini, gula aren (palm sugar) diproduksi dalam bentuk batang, cair dan granula atau lebih dikenal sebagai “gula semut”. Begitu pula dengan CV.Candela yang memproduksi gula semut aren sebagai produk unggulannya. Dalam segi produk CV.Candela telah unggul, tetapi dari segi pemasaran belum optimal seperti yang diharapkan. Hal itu tercermin dari masih rendahnya minat beli konsumen terhadap produk gula aren Candela yang diduga disebabkan oleh belum efektifnya bauran promosi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bauran promosi beserta dampak yang ditimbulkan terhadap minat beli konsumen dengan menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil analisis memperlihatkan, bahwa bauran promosi yang dilakukan perusahaan, memiliki kekuatan dalam hal bahan baku dengan kualitas terbaik sedangkan faktor kelemahannya berupa kurangnya staff penjualan. Pada faktor eksternal bauran promosi dihadapkan dengan beberapa tantangan, diantaranya berupa: banyak pesaing yang menjual dengan produk yang sama, namun demikian perusahaan masih memiliki peluang yang terbuka, antara lain pada faktor komunikasi yaitu dengan hadirnya internet dapat memberikan banyak ruang bagi candela untuk mempromosikan produk-produknya Untuk itu, dalam upaya meningkatkan minat beli konsumen, dapat ditempuh dengan menerapkan strategi promosi dalam bentuk memperluas jaringan kerjasama penjualan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional is open access and peer-reviewed Journal, JIN is a scientific journal that contains the results of research and theoretical studies of Social Sciences and Exact Sciences. Managed by GoAcademica Research & Publishing. Focus and Scope AKSELERASI: Jurnal Ilmiah ...