JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Sikap Siswa pada Pembelajaran Matematika: Ditinjau dari Jenis Kelamin

Arif Hidayad (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap siswa SMP dalam pembelajaran matematika yang ditinjau dari aspek jenis kelamin. Aspek jenis kelamin merupakan salah satu faktor yang dapat dikatakan mempengaruhi sikap dan kecendrungan siswa dalam belajar matematika. Siswa yang memilki sikap positif merupakan pertanda awal yang baik bagi proses belajar siswa tersebut. Pengungkapan sikap siswa dalam pembelajaran matematika ini menggunakan angket skala sikap yang berjumlah 32 butir yang terdiri dari 3 dimensi sikap yang terpecah menjadi 8 indikator sikap yang diukur. Angket tersebut diberikan kepada 72 siswa masing-masing 36 siswa laki-laki dan perempuan. Data dianalisis secara statistic deskriptif melalui perhitungan rata-rata dan simpangan baku dan dikonsultasikan dengan tabel pedoman penilaian untuk memperoleh kriteria sikap siswa secara individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari 8 indikator sikap yang diukur, siswa laki-laki mengungguli siswa perempuan yaitu sebanyak 5 indikator sikap, sisanya sebanyak 3 indikator sikap diungguli siswa perempuan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...