JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 9 No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar dengan Menerapkan Strategi Everyone Is a Teacher Here dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VA SDN 55 Dara Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019

Fitri Angriani (STKIP Taman Siswa Bima)
Nurrahmah Nurrahmah (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkakn strategi Everyone Is A Teacher Here pada pembelajaran Matematika. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subyek dan lokasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 55 Kota Bima yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari Silabus, RPP, Lembar Kerja Siswa, Lembar Observasi, Lembar kuesioner dan Lembar Tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan selama dua siklus dengan masing-masing persentase ketuntasan mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Pembelajaran dengan menerapkan strategi Everyone Is A Teacher Here pada pembelajaran Matematika mendapat respon positif dari siswa sehingga layak diterapkan oleh guru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...