JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 9 No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Aplikasi E-Raport Berbasis Graphical User Interface (GUI) dengan Menggunakan VB.Net 2010 di SMKN 10 Bima

Mustakim Mustakim (STKIP Taman Siswa Bima)
Nur Fitrianingsih (Unknown)
Ita Fitriati (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (researc and development), yang mengembangkan aplikasi sistem penilaian atau yang disebut e-raport yang dirancang dengan sistem offline sehingga sangat mudah diakses oleh user, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMKN 10 BIMA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model dari Dick & Carey, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan raport yang terotomatisasi dari yang konvensional ke cara yang elektronik, menghasilkan e-raport yang dapat menghindari kesalahan penulisan secara manual, mempermudah guru dalam menginput maupun memperbarui nilai rapor, Penelitian yang dilakukan menghasilkan produk aplikasi sistem e-raport millennium dengan menggunakan Visual Basic Net.2010 dengan model dan tampilan yang cukup menarik dengan berbagai kemudahan dalam pengaplikasiannya. Sistem yang dirancang mampu menghasilkan raport yang sudah terotomatisasi hingan menjadi rapor yang efektif, efisien, dan praktis dalam penggunaannya. Kualitas produk termasuk kriteria “Layak” dengan rata-rata presentasi 80% - 95%. Dan sudah memenuhi standar ktiteria yang ditetapkan yakni sebesar 70%, itu dapat dilihat dari hasil angket yang dilakukan kepada ahli materi dengan hasil angket berupa “layak”, ahli media dengan hasil angket berupa “layak”, uji dengan kelompok kecil dengan hasil angket berupa “layak”, dan uji dengan kelompok besar dengan hasil angket berupa “layak”.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...