JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA

Hairunisa Hairunisa (STKIP Taman Siswa Bima)
Arif Rahman Hakim (STKIP Taman Siswa Bima)
Nurjumiati Nurjumiati (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa Program Studi Sekolah Dasar (PGSD) melalui penerapan model pembelajaran project based learning pada matakuliah Konsep Dasar IPA. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain One-Shot Case Study dengan subjek penelitian 48 mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar STKIP Taman Siswa Bima yang sedang mengampu matakuliah Konsep Dasar IPA. Data penelitian diperoleh dari analisis lembar observasi produk dengan skala berpikir kreatif (Creatif Thinking Scale/CTS). Analisis data penelitian dilakukan dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas mahasiswa dalam menghasilkan produk berupa alat peraga IPA sangat tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 84. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa Program Studi PGSD pada matakuliah Konsep Dasar IPA.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...