JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Proses Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Self Efficacy

Husnul Khatimah (STKIP Taman Siswa Bima)
Fatmah Fatmah (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah ditinjau dari self efficacy. Subjek dalam penelitian ini adalah dua mahasiswa semester III STKIP Taman Siswa Bima yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Kuesioner self efficacy dan tes kemampuan matematika peneliti gunakan untuk memilih subjek penelitian yang terdiri atas satu subjek dengan self efficacy tinggi dan satu subjek dengan self efficacy rendah tetapi keduanya memiliki kemapuan matematika yang sama. Data yang dikumpulkan dengan memberikan soal pemecahan masalah dan wawancara untuk mendapatkan data lebih lanjut tentang proses berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self efficacy tinggi dan self efficacy rendah melewati setiap proses berpikir kreatif. Proses berpikr kreatif yang dilakukan oleh subjek dengan self efficacy tinggi dan self efficacy rendah berbeda dalam beberapa aspek diantaranya: tahap persiapan, perbedaan dalam memilih cara yang benar, tahap iluminasi, perbedaan dalam memberikan metode pemecahan masalah, dan tahap verifikasi. Perbedaan dalam mengalisis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...