JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Google Form Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas X Multimedia Di SMK Islam Perti Jakarta

M. Ardiansyah (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini adalah survey terhadap 22 peserta didik dengan media pembelajaran google form. Populasi untuk penelitian adalah peserta didik SMK Islam Perti Jakarta. Sampling di pilih dengan metode purposive sampling, yaitu peserta didik kelas X MM angkatan 2019 pada materi ukuran pemusatan data tunggal. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian berupa soal yang terdiri atas 15 essay. Penelitian ini bertujuan untuk mnganalisis minat dan hasil belajar peserta didik program Multimedia di SMK Islam Perti Jakarta matapelajaran matematika melalui media pembelajaran google form. Penelitian dilaksanakan di SMK Islam Perti dengan subyek penelitian kelas X MM berjumlah 22 peserta didik dan objek penelitian pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan minat dan hasil belajar matematika dari kondisi awal yang diajarkan dengan metode ceramah dan powerpoint. Simpulannya bahwa penggunaan media pembelajaran Google Form dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik kelas X MM pada matapelajaran matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...