KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya
Vol. 1 No. 3 (2020): April

Pengaruh Konsep Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa

Shintia Dwi Putri (anggota)
Wedra Aprison (Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi)
Intan Sari (Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya siswa yang memiliki komunikasi kurang baik, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah konsep diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsep diri terhadap komunikasi interpersonal siswa di SMP N 3 Lubuk Basung. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 262 orang siswa, yang menjadi sampel penelitian sejumlah 72 orang siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert kemudian diolah dengan teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan jika komunikasi interpersonal siswa dipengaruhi konsep diri sebanyak 25,1% dengan sisa 74,9% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu presepsi interpersonal, atraksi interpersonal dan hubungan sosial dengan ?= 66,530 + 0,634X, dimana dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap komunikasi interpersonal siswa di SMP N 3 Lubuk Basung.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

konseling

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus artikel jurnal ini adalah Bimbingan dan Konseling, Layanan Konseling, Media dan TI dalam Konseling, Teknik-Teknik Konseling, Konseling ...