Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 4, No 4 (2016): Jurnal Pelita Pendidikan Desember 2016

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DAN GAYA BELAJAR VISUALISATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 SELESAI

Yanti Yanti (Unknown)
Masdiana Sinambela (Unknown)
Mira Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Make A Matchdan gaya belajar Visualisation, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa materi ruang lingkupbiologi kelas X SMA Negeri 1 Selesai T.P. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XIPA SMA Negeri 1 Selesai T.P. 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas. Metode pengambilan sampel penelitiandiambil secara random sampling yakni kelas X IPA2 yang berjumlah 44 siswa yang diberikan pengajaran denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif Make A Match dan gaya belajar Visualisation, Auditory,Kinestetic (VAK). Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan tingkat ketercapaianindikator siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match dan gaya belajarVisualisation, Auditory, Kinestetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa materi ruang lingkup biologi kelas X SMANegeri 1 Selesai T.P. 2016/2017 telah tercapai dengan nilai rata-rata sebesar 80,45%. Tingkat penguasaan siswapada saat pretes didapat nilai rata-rata sebesar 37,35 (kategori sangat rendah) dan pada saat postes didapatnilai rata-rata sebesar 79,24 (kategori sedang). Tingkat ketuntasan belajar siswa didapat nilai rata-rata sebesar81,82% (36 siswa kategori tuntas dan 8 siswa kategori tidak tuntas).Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match, Visualisation, Auditory, Kinestetic (VAK), HasilBelajar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...