Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 4, No 3 (2016): Jurnal Pelita Pendidikan September 2016

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X MAN 1 MEDAN

Ibnu Hafiz (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakanmodel pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran Langsung pada materi PencemaranLingkungan di Kelas X MAN 1 Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XJurusan IPA MAN 1 Medan yang terdiri dari 420 Siswa. Sampel kelas dalam penelitian ini ditentukan denganteknik Cluster random sampling. Sampel kelas terdiri atas kelas yang diberi pembelajaran denganmenggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas yang diberi pembelajaran denganmenggunakan model pembelajaran Langsung. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan metodetes. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-dua pihak. Berdasarkanhasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil belajar siswa pada kelas Model pembelajaran berbasismasalah dan kelas Model pembelajaran Langsung dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yangseragam. Sementara berdasarkan hasil perolehan hasil belajar siswa terlihat adanya perbedaan yang signifikandimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sebesar72,50 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Langsung sebesar60,63. Adapun perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah denganmodel pembelajaran langsung sebesar 16,37 %. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelaspenelitian tersebut dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan (α =0,05), dimana thitung < ttabel yaitu 4,479 < 1,666, yang berarti Ha diterima dan menolak Ho yang berarti Adaperbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan modelpembelajaran Langsung pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas X MAN 1 Medan T.P 2015/2016.Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pembelajaran Langsung

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...