Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 3, No 4 (2015): Jurnal Pelita Pendidikan

Hubungan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas XI IPA MAN Binjai Tahun Pembelajaran 2014/2015

Khairun Nisa' (Unknown)
Syahmi Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan internet sebagai sumberbelajar terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran biologi kelas XI IPA MAN Kota Binjai TahunPembelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Populasi penelitianadalah XI IPA MAN Kota Binjai (5 kelas). Sampel sebanyak 52 orang dan pengambilan sampeldilakukan dengan menggunakan teknik pusposive sampling. Alat pengumpulan data yangdigunakan adalah angket dan dokumentasi. Dari hasil analisis data diperoleh nilai r > r (0,05; 50),persamaan garis hubungannya adalah = 6,88 + 0,14X dengan koefisien korelasi r = 0,41 dankontribusi pemanfaatan internet sebesar 17% yang berarti bahwa ada hubungan yangsignifikan antara pemanfaatan internet dengan hasil belajar siswa pada pelajaran biologi kelasXI IPA MAN Kota Binjai tahun pembelajaran 2014/2015. Pengujian hipotesis dilakukan denganuji t dimana harga thitung = 3,18 dan ttabel = 1,59 maka thitung > ttabel yang berarti (3,18 > 1,59).Berdasarkan hasil penelitian maka H0 ditolak dan Ha diterima pada α = 0,05. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang berarti antara pemanfaatan internet sebagaisumber belajar terhadap hasil belajar pada taraf signifikan α = 0,05.Kata kunci: Internet, hasil belajar, sumber belajar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...