Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Pelita Pendidikan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DAN METODE STAD PADA MATERI SISTEM URINARIA

Fitri Lukluk Wardhani Siregar (Unknown)
Riwayati Riwayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode Role Playing dan metode STAD pada pembelajaran biologi Sub Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia di Kelas XI IPA MA AL-Washliyah Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel penelitian yang digunakan terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA2 menggunakan metode role playing dan IPA3 menggunakan metode STAD, setiap kelas terdiri dari 33 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode Role Playing sebesar 80,91 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode STAD sebesar 70,45. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan a = 0,05, dimana thitung > ttabel (3,02 > 1,99), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode Role Playing dan metode STAD pada pembelajaran biologi Sub Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia di Kelas XI IPA MA AL-Washliyah Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Sistem Urinaria pada Manusia, Hasil Belajar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...