Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Pelita Pendidikan

PROFIL KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN

Hami Aziziyyah Noer (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Setiono Setiono (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Rizqi Yanuar Pauzi (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2020

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan argumentasi siswa SMP pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 13 Kota Sukabumi tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan argumentasi. Soal tersebut berjumlah 12 soal dalam bentuk uraian. Kualitas argumen tertulis siswa dilihat berdasarkan kriteria level serta indikator argumentasi yang diadaptasi dari Toulmin Argumentation Pattern (TAP). Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase berdasarkan kriteria level argumentasi, sebagian besar siswa berada level 2 (30%) dan level 3 (24%). Berdasarkan indikator argumentasi persentase yang paling sedikit adalah indikator sanggahan (rebuttal) hanya 11%. Siswa pada level 2-3 belum mampu atau tidak dapat menggunakan indikator sanggahan (rebuttal) dengan benar, namun dapat menyertakan data (data), jaminan (warrant), atau dukungan (backing) terhadap klaim (claim) yang dianggap benar oleh siswa, sehingga kualitas argumen siswa masih lemah dan perlu dikembangkan. Kemampuan argumentasi dapat dikembangkan melalui pembelajaran dengan pengalaman belajar inkuiri.Kata Kunci: Kemampuan Argumentasi, Sistem Pernapasan, Toulmin Argumentation Pattern (TAP)

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...