Jurnal Pelita Pendidikan
Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Pelita Pendidikan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK DAN TIPE ROLE PLAYING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA

Fauziyah Khairi Nasution (Unknown)
Nuraini Harahap (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan modelpembelajaran tipe Talking Stick dan tipe Role Playing pada materi sistem ekskresi manusia di kelasXI IPA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitianeksperimen semu (Quasi eksperiment) yang diberi perlakuan yang berbeda pada masing – masingkelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik pengambilan sampel Pourfosive Sampling yangterdiri dari 2 kelas, dimana kelas XI IPA2 dijadikan sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakanmodel pembelajaran tipe Talking Stick yang berjumlah 32 siswa, sedangkan kelas XI IPA4 dijadikansebagai kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran tipe Role Playing yangberjumlah 32 siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 64 siswa. Berdasarkan hasilanalisis data penelitian, terlihat adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelaseksperimen I dengan kelas eksperimen II, dimana rata – rata hasil belajar siswa pada kelaseksperimen I sebesar 81,094 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen II sebesar74,375. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut, juga terbukti melalui pengujian hipotesismenggunakan uji – t dengan taraf kepercayaan α =0,05, dk 60 dan 120 dimana thitung > ttabel (2,09 >1,999), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar denganmenggunakan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick (TS) dengan Role Playing (RP)

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pelita Pendidikan, an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles and review articles from contributors related to biological education research. This journal encompasses original research articles and review articles, including: Learning models Learning ...