Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 6, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan UNIGA

POLA KEPEMIMPINAN KYAI DALAM PENDIDIKAN PESANTREN (Penelitian di Pondok Pesantren As-syi’ar Leles)

Faqih Affandi M (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2017

Abstract

Pola kepemimpinan kyai dalam pendidikan pesantren sangat esensial. Hidup atau matinya sebuah pesantren tergantung pada pola kepemimpinan kyai yang dijalankan di pesantren itu. Disinilah para pemimpin pendidikan pesantren diharapkan mampu menjadi inspirator dari terciptanya komunitas belajar yang dinamis. Adapun rumusan masalah diantaranya: 1) Bagaimana pola kepemimpinan kyai di pesantren? 2) Bagaimana pendidikan pesantren di pesantren as-syi’ar leles? 3) Bagaimana pola kepemimpinan kyai dalam pendidikan pesantren as-syi’ar leles? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pola kepemimpinan kyai di pesantren, 2) Mengetahui pendidikan pesantren di pesantren As-syi’ar Leles, dan 3) Mengetahui pola kepemimpinan kyai dalam pendidikan pesantren As-syi’ar Leles. Penelitian menggunakan metode kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata (narasi), gambar, pemahaman dari hasil penglihatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan pola kepemimpinan kyai di pesantren As-syi’ar Leles. Dari hasil penelitian, bahwa sukses atau tidaknya sebuah lembaga pendidikan pesantren tergantung pada pola kepemimpinan kyai yang berada di dalamnya, unsur-unsur kepemimpinan yang menunjang keberhasilan pendidikan pesantren diantaranya: 1) sifat-sifat dasar pemimpin yang kredibel, 2) tipe pemimpin yang objektif, 3) etika yang sesuai ajaran Rasulullah saw., 4) fungsi pemimpin yang responsif. Kata Kunci: kepemimpinan, kyai, pendidikan, pondok pesantren

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...