Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 14, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan UNIGA

Penerapan”Media Animasi Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam”(Penelitian di SDIT Atikah Musaddad Kabupaten Garut)

Sita Nurlani (Universitas Garut)
Nenden Munawaroh (Universitas Garut)
Ijudin - (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2020

Abstract

Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek cerita. Media animasi salah satu media yang membantu pembelajaran SKI semakin menarik dan inovatif bukan sekedar menyajikan pembelajaran konvensional. Seiring dengan perkembangan era revolusi industry 4.0. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui efektifitas hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan Media Animasi di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Atikah Musaddad Kabupaten Garut. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest-post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Atikah Musaddad Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini masing-masing ada 2 kelas yaitu kelas IV Ilyas dan Kelas IV Sulaiman, dengan teknik sampling purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan dokumentasi. Teknik analisis Datanya menggunakan uji t dengan prasyarat uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene’s. Dilihat dari rata-rata hasil belajar hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan Media Animasi lebih efektif dari pada metode konvensional Dengan demikian penggunaan Media Animasi efektif terhadap hasil belajar SKI di Sekolah Dasar Islam Terpadu Atikah Musaddad.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...