Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 4, No 1 (2010): Jurnal Pendidikan UNIGA

PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Isma Nurhayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2017

Abstract

Permasalahan ini dilatar belakangi oleh fenomena kemampuan menyimak siswa SDN Cimurah I yang masih rendah atau masih belum memenuhi standar yang diinginkankan yaitu 65 sedangkan kriteria yang ditentukan adalah 75, hal ini dikarenakan pada saat pembelajaran menyimak berlangsung siswa lebih tertarik untuk mengobrol dengan teman sebangkunya dibandingkan dengan memperhatikan pembelajaran yang sedang disampaikan oleh guru. Tujuan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui realita penggunanaan metode bercerita di SDN Cimurah I. (2) untuk mengetahui realita kemampuan menyimak siswa dengan penggunaan metode bercerita di SDN Cimurah I. (3) untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa. Rumusan masalah skripsi ini adalah (1) Bagaimana realita penggunaan metode berceritadi SDN Cimurah I ? (2) Bagaimana realita kemampuan menyimak siswa dengan penggunaan metode bercerita di SDN Cimurah I ? (3)Berapa besar pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa ? Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif analisis yang dinyatakan dengan perbandingan antara data atau fakta yang ada di lapangan dengan landasan teori yang relevan. Berdsarkan pengujian thitung dan ttabel untuk mengetahui signifikansi variabel X terhadap variabel Y terbukti dengan thitung ≥ ttabel atau 4,02 ≥ 2,04, maka tolak Ho, dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa sebesar 55%. Kata kunci : metode bercerita, kemampuan menyimak.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...