Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 12, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan UNIGA

OPTIMALISASI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MADRASAH DI KABUPATEN GARUT

Wahyu Hidayat (UIN Bandung)
Mohamad Jaenudin (Unknown)
Nanat Fatah N (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2018

Abstract

Madrasah memegang peran yang sangat penting dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia. Keberhasilan madrasah, sangat ditentukan oleh gurunya melalui kinerjanya pada tataran institusional. Dalam kontek itu, supervisi terhadap guru madrasah menjadi sangat penting karena dengan supervisi ini dapat mengembangkan kompetensi guru, baik kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesionalnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pelaksanaan supervisi akademik pada guru madrasah Aliyah negeri 1 dan Garut sudah berjalan dengan baik dengan mengimplementasikan teori manajemen modern, yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta pengawasan. Namun demikian dalam banyak hal masih harus terus ditingkatkan sehingga tidak terjebak dengan rutinitas dan dapat menunjukan pola pembinaan kompetensi guru yang berarti. Oleh sebab diperlukan pembinaaan yang lebih intensif dengan menerapkan konsep supervisi akademik yang tidak saja dapat mencerdaskan guru juga dapat menerapkan nilai-nilai transenden seperti yang telah diajarkan oleh para salafussolih dalam membina umatnya dengan berdasarkan pada pesan Ilahiyyah, yakni: Lillah, Uswatun Hasanah, Bil-hikmah, Mauidzoh hasanah dan Mujadalah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...